DESAIN RUANG OLAHRAGA PRIBADI DI RUMAH

DESAIN RUANG OLAHRAGA PRIBADI DI RUMAH

22 Oct 2020 10:29

Begitu bangun tidur di pagi hari, muncul keinginan untuk berolahraga, sayangnya tempat gym terlalu jauh dari rumah Anda. Belum lagi, saat harus menembus kemacetan untuk menuju ke tempat gym. Mungkin Anda harus mencoba cara baru, yaitu dengan membangun ruang gym pribadi.

Ruang olahraga pribadi di rumah tidak memerlukan lahan yang luas. Besar kecilnya ruangan bisa disesuaikan dengan ketersediaan ruang dan juga dana yang dimiliki. Kami hadirkan beberapa tips membangun ruang olahraga pribadi di rumah berikut ini:

PISAHKAN DENGAN PARTISI
Jika tak memiliki ruang kosong atau ruang yang bisa digunakan terbatas, Anda dapat menyulap ruangan yang ada menjadi tempat berolahraga. Caranya sederhana, Anda dapat membagi dua ruang yang ada dengan partisi. Cukup sisakan ruang sekitar 2×3 meter untuk ruang olahraga.

Gunakan partisi, seperti rak buku, panel kayu, atau kaca untuk memisahkan. Partisi dari kaca akan membuat tata letak rumah tetap terasa lapang. Dengan menambahkan partisi atau penyekat ruang, praktis Anda telah memiliki satu ruang kosong yang dapat Anda garap.

TAMBAHKAN ELEMEN CERMIN
Jika ruangan yang tersedia berukuran kecil, Anda bisa akan memberikan kesan ruangan terasa lebih luas. Letakkan cermin panjang di salah satu dinding atau gunakan lemari dengan pintu cermin. Manfaat lain dari penggunaan cermin ini adalah untuk bisa melihat gerakan Anda sehingga mudah mengoreksi gerakan yang salah.

LAPISI DENGAN RUBBER MAT
Rubber mat diperlukan untuk meredam suara mesin, getaran, atau gerak benda-benda. Selain itu, rubber mat membuat lantai lebih empuk dan tidak licin sehingga dapat mengurangi risiko cedera saat berolahraga.

MEMILIKI SIRKULASI UDARA
Pastikan ruang olahraga memiliki sirkulasi udara yang baik agar tidak terasa pengap dan panas. Akan lebih baik jika ventilasi langsung menghadap ke area taman yang dipenuhi tumbuhan hijau sehingga udara akan semakin sejuk, terutama di pagi hari.

Bila memiliki kolam renang di rumah, bangunlah ruang gym berdekatan dengan kolam renang. Beri pembatas ruang dari kaca agar Anda dapat memiliki pemandangan menarik saat berolahraga. Begitu juga jika Anda memiliki halaman/taman pribadi di rumah. Anda bisa tempatkan ruang olahraga yang berhadapan langsung dengan halaman/taman. Kuncinya adalah gunakan kaca yang besar yang bisa dibuka-tutup agar Anda dapat berlari di treadmill sambil menikmati pemandangan luar yang indah dan udara yang segar.
 

TAMBAHKAN RAK
Setelah ruang terbentuk, Anda dapat menambahkan rak minimalis. Rak ini bisa ditempatkan di sisi ruang, atau jika Anda ingin menghemat ruang, tempatkan pada dinding ruang. Rak ini dapat berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan, sepatu, dan juga tempat menaruh handuk atau botol minum saat kita berolahraga sehingga ruang tetap terlihat rapi.

PERCANTIK RUANG OLAHRAGA
Meski berada di dalam rumah, Anda bisa mendesain ruang olahraga seperti fitness club besar. Anda bisa mendesain ruangan dengan gaya industrial, atau beri sentuhan pada dinding ruangan. Agar tampilannya atraktif, dinding dengan motif garis-garis abstak cukup menarik perhatian. Lalu, inspirasi lainnya hadir dari permainan motif pada karpet lantai serta adanya 'tenda' pada langit-langit.

Agar semakin termotivasi untuk berolahraga, ciptakan atmosfer yang dapat memacu semangat untuk berolahraga. Anda bisa menambahkan poster, foto, atau moto olahraga pada dinding ruang. Buat papan jadwal dan progres olahraga Anda, letakkan speaker bluetooth untuk menyetel musik, atau televisi pada dinding ruang.

LAPANGAN MINI GOLF DI RUMAH
Tak hanya gym, Anda juga bisa membangun arena mini golf pribadi di rumah. Selain untuk melatih pukulan sebelum bermain langsung di lapangan golf, mini golf bisa menjadi tempat bermain sekaligus mengenalkan olahraga golf pada anak-anak.
 

Banyak yang akhirnya mengurungkan niat untuk membangun mini golf di rumah karena khawatir akan kesulitan merawat rumput yang merepotkan. Padahal ini dapat disiasati dengan penggunaan rumput buatan, jenis rumput yang biasa digunakan untuk lapangan futsal. Sebelum membuat arena mini golf, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan:

MEMILIH LOKASI
Hal pertama yang harus ditentukan adalah lokasi yang tepat untuk meletakkan rumput sintetis tersebut pada lahan yang tersedia. Apabila halaman belakang Anda cukup luas, maka gunakanlah tempat tersebut untuk membuat lapangan mini itu. Pastikan juga bentuk tanahnya tidak terlalu bergelombang atau tidak rata karena hal tersebut bisa menyulitkan pemasangan rumput. Pastikan juga lokasi yang Anda pilih memiliki dinding penghalang yang tinggi sehingga bola tidak melambung terlalu jauh pada saat Anda memukulnya.

MENYEWA AHLI
Membangun arena mini golf memang tidak mudah karena itu Anda perlu bantuan tenaga profesional yang biasa merancang dan membuat lapangan mini golf. Arsitek atau tenaga ahli akan mengukur serta merancang kemiringan dan luas lapangan secara rinci sehingga bola mudah bergerak di
atas rumput buatan.

PENGGUNAAN RUMPUT SINTETIS
Salah satu kelebihan menggunakan tenaga profesional dalam membangun mini golf adalah mereka lebih tahu cara memasang rumput pada lapangan golf mini. Rumput sintetis juga ada dua jenis, ada yang terbuat dari rumput asli dan ada pula yang terbuat dari bahan plastik. Usahakan untuk memilih rumput sintetis yang asli sehingga pergerakan bola lebih nyaman dan teratur karena rumput palsu biasanya lebih licin sehingga kurang nyaman untuk digunakan sebagai lapangan. Pilih rumput yang berkualitas tinggi karena teksturnya lebih halus, nyaman untuk diinjak dengan kaki telanjang, dan juga lebih awet.
 

MERAWAT RUMPUT SINTETIS
Penggunaan rumput artifisial akan membuat arena mini golf lebih mudah dirawat karena tidak perlu pemangkasan atau penyiraman. Selain itu, taman pun menjadi lebih bersih, tidak becek, terutama setelah hujan turun. Membersihkannya mudah, hanya dengan dicuci secara teratur. Untuk perawatan rutin, cukup disapu dengan sapu lidi atau sapu biasa. Sayangnya, hamparan rumput ini tidak bisa bertahan lama. Rumput artifisial, bisa bertahan hanya kurang lebih dua tahun. Setelah itu, perlu dilakukan penggantian.


      

About Us

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Wealth Management Group
Menara Mandiri 1 Lantai 22-23
Jln. Jend. Sudirman Kav. 54-55
Senayan, Jakarta
12190