JAKARTA FASHION WEEK X MANDIRI PRIVATE : Tribute to Barli Asmara

JAKARTA FASHION WEEK X MANDIRI PRIVATE : Tribute to Barli Asmara

13 Jan 2021 16:09

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda seluruh dunia, pekan mode terbesar di Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week (JFW) 2021, tetap berlangsung pada 26-29 November 2020 lalu di Senayan City, Jakarta. Tentu saja dalam masa adaptasi gaya hidup baru, dilakukan sejumlah penyesuaian dalam pelaksanaannya, yakni disiarkan melalui platform digital, seperti livestream di microsite JFW.tv, kanal media sosial JFW, dan kanal digital milik para partner. Para pencinta fashion di Tanah Air dan dunia pun bisa menyaksikan hasil kreativitas desainer-desainer ternama meski dalam situasi yang serba terbatas.
 
    
 
Salah satu rangkaian acara pada hari pertama penyelenggaraan JFW 2021 adalah kolaborasi antara Jakarta Fashion Week dengan Mandiri Private yang mempersembahkan Tribute to Barli Asmara. Peragaan khusus ini dipersembahkan untuk mengenang desainer muda berbakat, Barli Asmara, yang telah wafat pada 27 Agustus 2020 lalu.
Dalam kesempatan virtual press conference, hari Selasa, 24 November 2020, Vice President Bank Mandiri Katarina Melia Indah Sari mengungkapkan bahwa Mandiri Private berharap kerja sama yang terjalin lewat Tribute to Barli Asmara ini tak hanya sebagai bentuk penghargaan atas almarhum Barli dan karyanya. Namun juga, dapat menjadi dorongan motivasi dan insprirasi bagi para pekerja di industri fashion.
"Tidak hanya karya beliau saja, tetapi juga semangat dan inspirasinya berkarya menjadi legacy bagi kita semua dalam bertahan mengarungi masa sulit pandemi ini," kata Melia.
 
 
Sementara itu, Creative Director Barli Asmara Leslie Tobing menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak JFW dan Mandiri Private yang telah menyediakan wadah untuk memberi penghormatan kepada Barli. Ditambahkan Leslie, pihaknya sangat menghargai hal tersebut dan mempersiapkannya dengan penuh spirit.
Peragaan busana Tribute to Barli Asmara terbagi dalam dua sekuen. Sekuen pertama mempersembahkan 24 koleksi dari arsip Barli Asmara, menampilkan karyanya dari tahun 2008 sampai dengan 2018. Koleksi-koleksi tersebut merupakan koleksi pilihan Barli Asmara untuk dimasukkan ke dalam buku biografinya yang berjudul 15 WARSA BARLI ASMARA : DI ANTARA GEMERLAP ORNAMENTASI.
 
 


  
Pada sekuen kedua, show Tribute to Barli mempersembahkan 24 koleksi yang menggambarkan tentang bagaimana label Barli Asmara akan berlanjut dan berkembang di masa yang akan datang. La Danza de La Vida adalah tema koleksi terbaru dari Barli Asmara Prêt-à-Porter di Jakarta Fashion Week 2021 kali ini. Koleksi ini adalah cara untuk memberikan penghormatan kepada pendiri label Barli Asmara. Bukan dengan terlarut dalam duka, melainkan mengenang Barli Asmara dengan cara merayakan hidupnya. Dan salah satu cara yang menyenangkan adalah dengan berdansa.
 


Foto: Jakarta Fashion Week/Bobo Firmansyah

     

  

About Us

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Wealth Management Group
Menara Mandiri 1 Lantai 22-23
Jln. Jend. Sudirman Kav. 54-55
Senayan, Jakarta
12190