WEBINAR WANITA.NETWORK X MANDIRI PRIORITAS: BUKTI KEKUATAN WANITA SEBAGAI PILAR BISNIS

WEBINAR WANITA.NETWORK X MANDIRI PRIORITAS: BUKTI KEKUATAN WANITA SEBAGAI PILAR BISNIS

06 Jan 2021 14:42

Dua wanita hebat berbagi di program webinar W.N Community Network bertajuk The Power of Women. Meski mengemban peran yang sama sekali tidak ringan, mereka membuktikan kekuatannya dalam membangun serta menjaga ketahanan ekonomi keluarga maupun bisnis. Teristimewa di tengah kondisi pandemi seperti saat ini.

Kisah yang begitu inspiratif datang dari pendiri brand produk kecantikan Wardah, Dr. (HC). Dra. Nurhayati Subakat, Apt. Perjalanan bisnisnya yang dimulai sejak tahun 1985 dipenuhi tantangan. Pabrik dan kantornya ludes dilalap api pada tahun 1990. Tapi di tengah tragedi ini, Nur berusaha untuk bertahan karena ia teringat nasib karyawannya. “Kalau saya tutup berarti saya nggak bisa bayar karyawan,” kenangnya saat bercerita lewat aplikasi Zoom, Kamis (23/07).

Kini ketika Wardah sudah demikian besar, ia tidak banyak berubah dalam prisnipnya untuk bermanfaat bagi orang lain. Hanya saja kali ini lebih luas cakupannya yakni termasuk bagi Indonesia. “Kalau kami hanya memikirkan keluarga sendiri, sudah banyak perusahaan asing yang ingin membeli perusahaan ini,” ungkapnya. “Tapi kami mempertahankan perusahaan ini demi membuktikan bahwa Indonesia mampu berdiri di atas kaki sendiri, mampu punya perusahaan hebat.”

Pada masa pandemi sekarang, Wardah pun tak terlepas dari dampaknya. Namun CEO PT Paragon Technology and Innovation yang menaungi Wardah ini lebih memilih untuk melihat sisi positif di baliknya. “Kita jadi mempercepat proses digitalisasi, yang sebelumnya kita rencanakan baru akan agresif di digital pada tahun 2022.” Dengan optimis ia melanjutkan, “Banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Banyak cara kerja baru yang bisa kita terapkan, dan banyak cost yang bisa kita potong. Insya Allah, kalau kita tahan diuji, kita akan jadi lebih hebat.”
MENGHADAPI TATANAN HIDUP NEW NORMAL
Dalam sesi yang lain, Ketua Umum IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Dyah Anita Prihapsari menjabarkan apa saja yang organisasinya lakukan untuk menghadapi tatanan hidup new normal. Di antaranya membuat e-catalog kuliner untuk mendorong melakukan pemesanan dari rumah, serta pelatihan digital marketing, seperti membuat gambar yang menarik di marketplace. “Masa pandemi ini memaksa kita untuk mendigitalisasi diri,” tutur wanita yang akrab disapa Nita Yudi ini. Positifnya, seperti ia ungkapkan, makin banyak masyarakat yang lebih akrab dengan teknologi digital. “Semua jadi bisa.”

Menurutnya berwirausaha juga merupakan solusi dalam beradaptasi dengan kondisi new normal. “Caranya bahkan bisa dengan menjadi reseller bagi yang mungkin bisnisnya lagi lesu dan tidak berani menjalankan bisnis yang unusual,” terangnya seraya tak ketinggalan mengingatkan para pelaku bisnis untuk tetap menjaga ikatan dengan konsumen lewat, “Terus menjaga hubungan baik dengan pelanggan.”

PULIH DAN MENGHEBAT
Pada webinar hasil kolaborasi antara Wanita.Network dengan Mandiri Prioritas ini, Senior Vice President Bank Mandiri, Elina Wirjakusuma, mengakui, “Peran sebagai wanita tidaklah mudah. Namun wanita memiliki kemampuan luar biasa. Tidak hanya sebagai ibu rumah tangga, tapi juga sebagai pekerja, bahkan pebisnis.” Ia melanjutkan, “Dari dua wanita hebat hari ini, semoga para wanita dapat memetik inspirasi dan menunjukkan diri sebagai garda depan dalam pemulihan ekonomi Indonesia.”
 
 
 
Setuju dengannya, Svida Alisjahbana, Founder of Wanita.Network dan CEO GCM Group, yang berperan sebagai moderator menutup webinar dengan harapan  penuh motivasi, “Semoga ketika pandemi ini selesai, kita bukan cuma pulih dan bangkit kembali, namun juga menghebat.“

 

About Us

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Wealth Management Group
Menara Mandiri 1 Lantai 22-23
Jln. Jend. Sudirman Kav. 54-55
Senayan, Jakarta
12190