SIAP-SIAP DANA DARURAT AGAR KEUANGAN SELAMAT

SIAP-SIAP DANA DARURAT AGAR KEUANGAN SELAMAT

05 Jan 2021 16:20

Dana darurat merupakan aspek yang penting dalam pengelolaan keuangan untuk antisipasi ketika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan. Salah satunya seperti  dalam kondisi pandemi Covid-19 yang telah memicu krisis finansial dan banyak aktivitas bisnis yang terhenti belakangan ini. Demikian disampaikan oleh Wealth Specialist/Advisory Bank Mandiri Diaz Adritya dalam online talkshow #DiRumahAja yang diselenggarakan Bank Mandiri dengan tema ‘Pengelolaan Dana Darurat’, Selasa (12/5) lalu via aplikasi Zoom dan YouTube Bank Mandiri.

Menurut Diaz, dana darurat harus memiliki fleksibilitas yang tinggi. Ia menyarankan untuk memiliki dana darurat dengan tabungan yang berbeda dari yang digunakan setiap harinya. Atau bisa juga disimpan dalam reksa dana pasar uang yang bisa dengan mudah dicairkan. “Dan itu dipersiapkan sedini mungkin sebelum menunggu terjadinya krisis atau musibah,” tandasnya.

Acara yang dipandu oleh Randy & Gustika, penyiar Podcast Unqualified ini menghadirkan juga Nicholas Saputra, seorang pekerja seni yang juga pengusaha. Nico bercerita tentang beberapa pekerjaannya yang tertunda akibat pandemi Covid-19, tapi terselamatkan karena dari dulu sudah mempersiapkan dana yang bisa menghidupinya dalam kondisi darurat seperti sekarang. “Sebagai pemain film, Juli ini seharusnya ada produksi yang jalan. Cuma, karena ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan anjuran #DiRumahAja, jadi ditunda dulu sampai waktu yang tidak ditentukan. Produksi yang ingin saya buat mundur juga,” ujar Nico. 
 

 
Beruntung, Nico sudah menyadari sejak dini, bahwa sebagai pekerja seni dia tidak mendapatkan pemasukan yang tetap setiap bulannya. “Dari awal, saya sebagai pemain film sadar betul pentingnya memiliki dana darurat dalam tabungan, yang bisa digunakan di bulan berikutnya jika tak dapat penghasilan,” ucapnya. Salah satu sebab mengapa Nico merasa harus menyediakan dana darurat adalah saat keluarganya terkena dampak krisis moneter 1998. Kejadian itu membuka matanya bahwa penting sekali menyisihkan dana darurat dalam pekerjaan dan pribadi, untuk kebutuhan di masa mendatang.

Untuk lebih mudah dalam mempersiapkan dana darurat, berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan menurut Diaz Adritya:

PAHAMI  KONDISI  TERKINI  KEUANGAN ANDA
Berapa jumlah pendapatan dan pengeluaran Anda setiap bulan? Ketahui cashflow Anda saat ini sehingga nantinya Anda juga tahu berapa jumlah uang yang bisa Anda sisihkan untuk berbagai keperluan, seperti menabung, berinvestasi, serta mempersiapkan dana darurat.

TENTUKAN JUMLAH DANA DARURAT YANG HARUS DISIAPKAN
Katakanlah, dalam satu bulan, Anda harus mempersiapkan 5% sampai 10% dari total pendapatan Anda khusus untuk dana darurat. Anda bisa melakukan perhitungan prediktif untuk hal-hal yang mungkin terjadi nantinya.

BUKA REKENING BARU KHUSUS UNTUK DANA DARURAT
Setelah menentukan jumlah dana darurat yang sekiranya harus dikumpulkan beberapa waktu ke depan, hal yang harus Anda lakukan berikutnya yaitu membuka akun rekening baru yang dikhususkan untuk tabungan dana darurat. Tujuan membuka akun baru yaitu agar uang Anda lebih teratur pembagiannya, sehingga budget untuk dana darurat Anda tidak akan teralihkan untuk membiayai keperluan lain.

MULAI SECARA PERLAHAN 
Persiapan dana darurat ini sifatnya jangka panjang, bukan sesuatu yang bisa Anda kerjakan dengan cepat dan langsung bisa diselesaikan. Mulailah secara perlahan. Meskipun pelan, asalkan konsisten dan membuat Anda termotivasi untuk mengumpulkannya lebih banyak lagi.

TEKAN PENGELUARAN
Kurangi pengeluaran untuk sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu mendesak. Semakin Anda menekan pengeluaran, maka semakin banyak uang yang tersisa untuk kemudian dialokasikan khusus untuk dana darurat.

 

About Us

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Wealth Management Group
Menara Mandiri 1 Lantai 22-23
Jln. Jend. Sudirman Kav. 54-55
Senayan, Jakarta
12190