KEMERIAHAN PERAYAAN TAHUN MACAN AIR

KEMERIAHAN PERAYAAN TAHUN MACAN AIR

24 May 2022 14:07

                                                                                                             

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022 lalu diperingati oleh para nasabah Bank Mandiri di Surabaya dan Medan. Pergantian Tahun Baru yang dilambangkan sebagai tahun Macan Air ini menggambarkan kepercayaan diri tinggi dan semangat untuk berani keluar dari zona nyaman serta mengambil risiko untuk meraih kesuksesan.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Bank Mandiri selalu menggelar customer gathering guna menyambut datangnya tahun baru. Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan loyalitas dan kepercayaan nasabah terhadap Bank Mandiri. Di kota Medan, kegiatan gathering ini diadakan di Hotel JW Marriot pada 3 Februari 2022, sedangkan pada tanggal 7 Februari 2022 digelar meriah di Hotel Westin Surabaya.

Menurut rencana, customer gathering menyambut pergantian tahun ini juga akan diselenggarakan di Jakarta. Namun sayangnya karena adanya pemberlakuan kembali PPKM di Jabodetabek, acara tahunan ini terpaksa dibatalkan. 

Event ini dihadiri oleh Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi dan Alexandra Askandar selaku Wakil Direktur Utama, bersama nasabah dan calon nasabah Bank Mandiri terutama dari Corporate Banking, Commercial Banking, dan unit bisnis ritel. Terdapat sebanyak total 150 nasabah terpilih yang menghadiri acara tersebut.

Acara dibuka dengan penampilan dari UV Lion Dance, pertunjukan barongsai dan prosesi Angbao Ya Sui. Acara semakin meriah dengan penampilan memukau dari Angela July, pemain harpa sekaligus penyanyi yang talentanya sudah diakui luas. Para tamu undangan tampak terhibur dan penuh semangat dalam mengikuti jalannya acara yang marak dengan warna merah dan emas. 

Perayaan Imlek 2022 ini dipandu oleh MC Sumi Yang dan Ivan Kabul yang dilanjutkan dengan pemutaran video Kaleidoskop Bank Mandiri. Acara dibuka secara resmi dengan kata sambutan dari Darmawan Junaidi, Direktur Utama Bank Mandiri. 

Tahun Macan Air berarti tahun di mana seseorang harus mengambil tindakan berani. Macan dikenal karena kekuatan, keberanian, dan kemampuannya untuk melakukan segalanya dalam skala besar.

Semangat ini terasa berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu tahun Lembu Logam pada 2021 yang terkait dengan kerja keras dan pragmatisme. Tahun lalu dunia harus bekerja keras melakukan lockdown dan segala upaya lainnya dari Covid-19. Tahun Macan adalah masa perubahan, terlebih lagi Macam Air. Air berarti kepekaan, kreativitas, dan keterbukaan terhadap perubahan. Air merupakan kekuatan alam yang kuat, bahkan bisa menaklukkan api. Air juga bisa melewati rintangan apapun yang menghalangi jalannya.

Macan juga cepat mengambil tindakan. Jadi, bersiaplah tahun ini akan menjadi tahun dengan situasi yang berubah dengan cepat.


YU SHENG DEMI KEMAKMURAN

Perayaan Imlek tidak lengkap bila tidak diikuti dengan prosesi Yu Sheng. Di atas panggung, Dewan Komisari Bank Mandiri bersama Chef Jesselyn Lauwreen berdiri mengitari meja bundar sembari mengangkat yu sheng tinggi-tinggi.

Yu sheng adalah salah satu tradisi penting dalam perayaan Tahun Baru Imlek, khususnya di wilayah Asia Tenggara. Yu sheng juga berarti sajian khas malam tahun baru yang melambangkan keinginan agar tahun depan lebih makmur. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, semakin tinggi mereka mengangkat yu sheng, semakin tinggi keberuntungan yang bakal mereka peroleh tahun mendatang. 

Sajian yu sheng terdiri atas campuran sayur dan bumbu, serta ikan sebagai menu utama. Setelah diaduk rata, mereka kemudian mengangkat sumpit tinggi-tinggi dan melemparkan sayuran tersebut ke udara. Masyarakat Tionghoa menyebutnya lemparan kemakmuran (prosperity toss).

 


TARI BIAN LIAN YANG MENGAGUMKAN

Acara dilanjutkan dengan makan malam bagi semua undangan. Sambil menikmati sajian makan malam, tamu undangan dihibur oleh suara merdu Alena Wu dan Lidya Leung. Tak sampai di situ, para tamu undangan dihibur dengan pertunjukan Bian Lian, yaitu tarian 1.000 wajah yang berasal dari daerah Sichuan, Tiongkok. Tarian ini dalam budaya asalnya dipersembahkan khusus bagi raja-raja Tionghoa pada masanya. Seorang penari Bian Lian memiliki kemampuan berganti wajah (topeng) dengan cepat, yakni setiap topeng memiliki makna dan gerakan yang berbeda-beda.

Olivia Lin ikut menghibur tamu undangan malam itu dengan keterampilan memainkan Guzheng atau kecapi Tiongkok merupakan alat musik tradisional yang paling populer di Negeri Tirai Bambu. Bentuknya seperti kotak sedikit cembung yang terbuat dari kayu dengan 21 senar yang menghasilkan nada pentatonis.

Setelah makan malam, MC mengumumkan bagian acara yang paling ditunggu-tunggu, yaitu pengundian doorprize. Dengan selesainya pembagian doorprize, maka usai juga event customer gathering Bank Mandiri dalam rangka perayaan Imlek 2022. Malam itu ditutup dengan saling mengucap “Gong Xi Fa Cai” antara nasabah dan Dewan Komisaris Bank Mandiri serta momen foto bersama. 

Semoga tahun ini membawa kemakmuran untuk semua!

About Us

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Wealth Management Group
Menara Mandiri 1 Lantai 22-23
Jln. Jend. Sudirman Kav. 54-55
Senayan, Jakarta
12190