CONCOURS DELEGANCE MEMUKAU PECINTA OTOMOTIF TANAH AIR

CONCOURS DELEGANCE MEMUKAU PECINTA OTOMOTIF TANAH AIR

21 Oct 2020 17:16

Pameran kendaraan klasik bertajuk “Concours d’Elegance” untuk pertama kalinya digelar di Indonesia. Event yang didukung oleh Mandiri Private ini diselenggarakan oleh Indonesia Classic Car Owners Club (ICCOC) pada 21-22 September 2019 di Four Seasons Hotel Jakarta. Sebanyak 26 mobil dan 7 motor klasik langka keluaran tahun 1950 hingga 1980-an meramaikan pameran tersebut.

Istilah Concours d’Elegance berasal dari bahasa Prancis yang berarti “kompetisi para elegan”. Ini merupakan pameran mobil-mobil klasik yang memiliki nilai tinggi untuk publik dan mendapat penilaian juri. Di Prancis, kegiatan ini sudah dimulai pada abad ke-17 berupa parade kereta kuda para aristokrat di taman Kota Paris.
 
     

“Concours d'Elegance ini merupakan sejarah bagi dunia otomotif di Indonesia yang mencerminkan bahwa Indonesia sudah menjadi bagian dari pasar otomotif dunia. Acara ini juga bertujuan meningkatkan nilai pariwisata dalam negeri," jelas Stanley Atmadja, Founder Concours d'Elegance Indonesia dan Presiden ICCOC. Mobil dan motor eksotik yang berpartisipasi kebanyakan asal Amerika dan Eropa. Untuk mobil, antara lain Mercedes Benz B 170 Cabrio (1935), Chevrolet Corvette (1953), Ford Thunderbird (1956), Jaguar E type Series 1 (1960), dan Lamborghini Miura (1971). Sementara dari deretan motor nampak terlihat BMW R47 (1928), Vespa (1951) dan Norton (1957).

Kendaraan-kendaraan peserta kontes dinilai oleh juri dengan kriteria kondisi, sejarah, orisinalitas, dan akurasi restorasinya. Selain ahli mobil vintage dari Jerman, Arthur Bechtel, ICCOC juga mengundang Valentino Balboni sebagai juri. Valentino Balboni dikenal sebagai mantan Chief Test Driver Lamborghini yang namanya diabadikan pada salah satu lini Lamborghini Gallardo edisi 2009, dengan nama LP550-2 Valentino Balboni.
 
   

Kontes mobil klasik terbagi dalam tiga kategori, yaitu Quality Car, Favorite Car, dan kategori tambahan dari juri. Berikut pemenangnya:

Pemenang Kategori Quality Car
Juara 1 : Mercedes-Benz 190 SL Roadster (1956)
Juara 2 : Aston Martin DB 5 (1964)
Juara 3 : Lamborghini Miura (1971)

Pemenang Kategori Tambahan dari Juri
Best of Vintage : Porsche 356 Speedster (1956)
Best of Elegance : Ferrari Dino Coupe (1974)
Best of Restoration : Porsche 930 Turbo (1987)

Pemenang Favorite Car berdasarkan Vote
Juara 1 : Citroen DS21 (1972)
Juara 2 : Ford GT 500 Eleanor (1967)
Juara 3 : Mercedes-Benz 190 SL Roadster (1956)
 

VALENTINO BALBONI
“Cerminan Love, Passion, and Attention…”

Digelar pertama kali di Indonesia dan jadi salah satu jurinya, apa pendapat Anda tentang Concours d’Elegance tahun ini?
Saya merasa terhormat dipilih sebagai juri di ajang yang amat eksklusif ini, pengalaman yang sangat berkesan. Saya melihat antusiasme dan perhatian yang begitu besar kepada mobilmobil ini. Sangat sulit buat menentukan mobil yang terbaik karena semuanya layak menjadi juara pertama, saling bersaing ketat dalam urusan kualitas, orisinalitas, dan terutama perawatan, yang mencerminkan passion, love, and attention.

Berarti restorasi dari mobil-mobil ini memuaskan?
Saya perhatikan kualitas restorasinya mengagumkan, lebih dari yang saya perkirakan. Para pelaku restorasi dan mekanik yang saya temui di sini memiliki pengetahuan dan passion. Ini sangat penting. Anda telah melihat eksterior, interior, hingga menjajal mesin mobil-mobil ini. Mobil mana yang paling ingin Anda kendarai? Lamborghini tentunya! Hahaha. Lamborghini Miura. Tapi saya juga senang jika berkesempatan mengendarai Porsche Speedster, Aston Martin DB5.

Seperti apa rasanya nama Anda diabadikan pada mobil Lamborghini tipe Gallardo LP 550-2 Valentino Balboni?
Bagi saya itu merupakan penghargaan dan kehormatan besar karena, setelah 40 tahun pengabdian, nama saya dimaksudkan untuk menjadi penghubung antara Lamborghini modern hari ini dengan akar Lamborghini dari masa lampau.
    
 

About Us

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Wealth Management Group
Menara Mandiri 1 Lantai 22-23
Jln. Jend. Sudirman Kav. 54-55
Senayan, Jakarta
12190