BUSINESS OPPORTUNITIES  DALAM SEMESTA BARU

BUSINESS OPPORTUNITIES DALAM SEMESTA BARU

23 May 2022 18:52

Konsep metaverse masih bergulir. Sekarang para teknokrat berada di tengah-tengah membangun ruang digital konstan yang dapat Anda masuki sebagai avatar. CEO Meta, Mark Zuckerberg, pernah berkata, “Metaverse akan membuka kesempatan bentuk pekerjaan baru yang disebut “infinite office” dan membentuk ulang ekonomi digital.” 

Sebagai pelaku bisnis, kita perlu cekatan beradaptasi dengan masa depan yang semakin dekat ini. Meta yang dahulu dikenal sebagai Facebook bisa dibilang menjadi salah satu lokomotif utama dalam dunia metaverse. Namun demikian, ada banyak pengembang dunia yang sedang berlomba dalam membangun dunia baru ini. 

 

NVIDIA

NVIDIA Omniverse Platforms menyatukan 3D dan augmented reality. Platform ini menyediakan simulasi fotorealistik dan alat kolaborasi untuk pengembang game, dan memungkinkan para pengembang dan desainer untuk menghasilkan replikasi yang akurat dari infrastruktur dan lingkungan kehidupan nyata untuk pengalaman bermain game yang lebih mendalam. Ia juga memiliki fungsi kolaborasi yang memungkinkan interaksi real-time, layanan streaming, dan berbagi ruang kerja dan server. Avatar Omniverse juga tampil interaktif melalui teknologi AI dan pemrosesan bahasa alami.

 

MICROSOFT 

Microsoft Mesh adalah platform kolaborasi dan komunikasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Inilah langkah mereka untuk menyatukan kolaborasi virtual holografik di beberapa perangkat, baik itu headset VR, AR (seperti HoloLens), laptop, atau smartphone. Mesh mengedepankan fleksibilitas dan sifat yang cair, memungkinkan kehadiran yang kuat dan pengalaman bersama dari mana saja melalui visi mereka untuk menghadirkan realitas campuran. 

Melalui fitur HoloPortation, Microsoft menjanjikan kemampuan untuk memproyeksikan diri Anda dengan hidup dan fotorealistik untuk berinteraksi seolah-olah Anda benar-benar hadir; lengkap dengan kontak mata, ekspresi wajah, dan gerak tubuh. Fluiditas ini dirancang untuk mempercepat pengambilan keputusan dan pemecahan masalah di sebuah organisasi.

 

FACEBOOK

Pada Q4 2022 lalu, Facebook membuka Horizon Worlds, dunia virtual reality dengan avatar, khusus untuk target market berusia 18 tahun ke atas, di Amerika Serikat dan Kanada. Pada dasarnya, ini adalah video game online dengan sistem game terintegrasi. Peluncuran Horizon Worlds yang lebih luas merupakan langkah penting bagi Facebook, yang secara resmi mengubah namanya menjadi Meta pada bulan Oktober. 

Sebelumnya, Horizon Worlds diluncurkan dalam versi beta tahun lalu, khusus untuk pengguna Oculus VR yang mendapat undangan. Namun kini, semua pengguna headset realitas virtual Oculus Facebook sudah dapat membuat avatar untuk berkeliaran di dunia animasi ini. Di sana, mereka dapat bermain game dan berinteraksi dengan avatar pengguna lain.

 

 

Para teknokrat tidak berhenti di satu produk metaverse. Contohnya saja Microsoft, yang selain telah meluncurkan Mesh sebagai platform untuk meningkatkan pengalaman kerja remote yang kolaboratif, juga menghadirkan AltSpaceVR yang sering dipakai untuk acara online dalam skala lebih besar, seperti konferensi atau peragaan busana.    

 

METAVERSE DAN BISNIS ANDA  

“Apa, sih, Metaverse ini, kok anak saya gandrung sekali? Saya lihatnya dia halu, lho!” Demikian komen yang sering terdengar dari generasi lalu mengenai tren metaverse. Konsep dan peluang yang dibentangkan sepertinya membingungkan, terutama untuk yang tidak muda lagi. Tetapi patut dimengerti bahwa dalam menyikapi semesta baru ini, kita mungkin tidak harus menikmatinya, tetapi kita perlu membuka mata. Karena bicara soal aspek keberlanjutan bisnis, maka produk atau jasa Anda harus adaptif dengan preferensi generasi Z bahkan Phi untuk bisa terkoneksi. 

Agar brand Anda tidak teralienasi dari generasi selanjutnya dan bisa terus relevan di mata mereka, maka penting untuk tetap melibatkan diri dalam metaverse. Kenapa? sebab metaverse akan turut berkontribusi membentuk selera pasar ke depannya, dan tidak bisa dihindari. Bisnis yang cerdas menunggangi gelombang metaverse akan meraih keuntungan lebih karena bisa menghadirkan pengalaman brand yang lebih imersif untuk pasar mereka.

Sebelum benar-benar menerjunkan brand Anda dalam jagad metaverse, satu hal yang perlu diingat: ini bukan tentang menghidupkan impian film sci fi atau hanya demi pencitraan brand. Gagasan utama metaverse adalah konektivitas yang segar—kita semua tentu pernah mengalami kelelahan fisik dan mental karena terlalu banyak meeting online. Bagi sebagian kita, penyegaran itu hadir dalam bentuk pergi keluar, lepas dari semua perangkat dan teknologi. Namun bagi generasi muda, bisa jadi pelepasan jenuh itu justru dengan menyelam lebih dalam ke jagad internet dan mencari pengalaman konektivitas yang lebih imersif di metaverse.

 

TERKONEKSI DENGAN TARGET MARKET 

Semakin banyak peluang muncul seiring kemajuan metaverse. Kuncinya adalah mengklaim dan mempertahankan kehadiran online Anda. Anda mungkin bisa terjun ke metaverse dengan motivasi utama untuk terkoneksi dengan target market, bukan untuk menunjukkan betapa “canggih”nya perusahaan Anda. Manfaatkan metaverse untuk memicu traffic ke platform tempat produk atau jasa Anda dijual dan pastikan semua kanal online maupun media sosial Anda selalu diperbarui. 

Karena kuncinya konektivitas, maka selain hadir di kanal metaverse yang tepat sesuai karakter bisnis Anda, tetaplah jaga agar kanal komunikasi Anda seperti WA for Business, situs web, aplikasi, dan lain sebagainya, tetap responsif untuk menjamin pengalaman customer yang baik. Manfaatkan juga platform seperti AltSpaceVR untuk membuat acara yang menarik bagi generasi muda dan bersifat tanpa batas, misalnya peluncuran produk, konser, atau konferensi pers. 

Kita semua telah hidup di dunia hibrida antara daring dan luring selama pandemi yang sedang berlangsung. Dari panggilan video hingga memesan produk, kita telah sangat terbiasa untuk selalu terhubung dengan perangkat. Sesungguhnya, metaverse justru bertujuan untuk menyederhanakan proses ini dan satu platform integratif plus pengalaman yang lebih imersif sehingga mengurangi kejenuhan. 

Jaringan internet 5G yang sudah ada di Indonesia memungkinkan metaverse untuk berkembang di sini, termasuk membuka berbagai peluang baru bagi bisnis Anda. Metaverse akan memainkan peran penting, dan prinsip dasarnya adalah peluang bisnis akan mengikuti perilaku konsumen. Itulah mengapa penting untuk terus membangun bisnis Anda dengan berinovasi, bereksperimen, dan menumbuhkan audiens Anda, baik di media sosial maupun kanal yang Anda miliki sendiri.  

Koneksi yang Anda bangun di platform-platform tersebut saat ini, akan tetap berlaku di metaverse. Merek paling sukses dalam sejarah bisnis adalah mereka yang mampu berevolusi dan tetap relevan dengan memahami kebutuhan pelanggan yang terus berubah. Sudah siap menyambut dunia baru?

About Us

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Wealth Management Group
Menara Mandiri 1 Lantai 22-23
Jln. Jend. Sudirman Kav. 54-55
Senayan, Jakarta
12190